Toggle navigation
Contact us
KPI 2020 : Receptionist
Integritas
Kesesuaian rencana aktivitas dengan aktual pelaksanaan
*
[4] Rencana dan aktual pelaksanaan selalu sesuai
[3] Terdapat sedikit penyesuaian dalam pelaksanaan yang dapat dijelaskan dan diperiksa silang (crosscheck)
[2] Ada penyesuaian dalam pelaksanaan yang dikonfirmasi atasan
[1] Rencana dan aktual pelaksanaan tidak sesuai tanpa konfirmasi
[0] Rencana tidak dijalankan sama sekali
Bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
*
[4] Secara konsisten bertanggungjawab tinggi
[3] Mampu bertanggungjawab tinggi
[2] Mau bertanggungjawab
[1] Kurang bertanggungjawab
[0] Tidak mau bertanggungjawab
Kedisiplinan
Apakah member ada catatan alfa?
*
[4] Tidak ada alfa semester lalu
[2] Ada 1 hari alfa semester lalu
[0] Ada alfa lebih dari 1 hari semester lalu
Berapa kali member terlambat dalam sebulan?
*
[4] Terlambat rata-rata 0-2 hari dalam sebulan
[3] Terlambat rata-rata 3-5 hari dalam sebulan
[2] Terlambat rata-rata 6-14 hari dalam sebulan
[1] Terlambat rata-rata 15-20 hari dalam sebulan
[0] Terlambat rata-rata lebih dari 20 hari dalam sebulan
Apakah member mengenakan seragam dan atribut?
*
[4] Selalu mengenakan dengan lengkap
[2] Mengenakan tapi terkadang tidak lengkap
[0] Tidak mengenakan
Apakah member membuat laporan harian (daily report)?
*
[4] Selalu membuat daily report
[2] Terkadang membuat daily report
[0] Tidak membuat daily report
Kepuasan Pelanggan
Kecepatan respon terhadap komunikasi internal (telepon/WA/email)
*
[4] Telepon/WA/email selalu direspon segera
[3] Telepon/WA/email direspon kurang dari 1 jam
[2] Telepon/WA/email direspon pada hari itu
[1] Telepon/WA/email jarang direspon atau direspon lebih dari 1 hari
[0] Telepon/WA/email tidak direspon
Kemampuan menanggapi keluhan pelanggan eksternal
*
[4] Mendengarkan dan memberikan solusi segera
[3] Mendengarkan dan meminta customer menunggu hasil keputusan koordinasi
[2] Mengarahkan customer kepada manager atau pihak lain untuk disolusikan
[1] Menerima keluhan dan tidak menindaklanjuti
[0] Tidak menanggapi
Kerjasama Tim
Apakah member menjalin kerjasama yang baik dengan member lain
[4] Memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan member lain serta mau berbagi informasi (tidak konfidensial) kepada member lain
[3] Berkomunikasi baik dengan member lain dan berbagi informasi (tidak konfidensial) kepada member lain
[2] Berbagi informasi (tidak konfidensial) kepada member lain
[1] Berkomunikasi namun tidak mau berbagi informasi (tidak konfidensial) kepada member lain
[0] Tidak berkomunikasi maupun berbagi informasi (tidak konfidensial) kepada member lain
Loyalitas
Apakah member mau mengerjakan pekerjaan/tugas yang di luar ruang lingkup pekerjaannya
*
[4] Selalu mau mengerjakan pekerjaan di luar ruang lingkup pekerjaannya atau partisipasi kepanitiaan acara
[3] Mau mengerjakan pekerjaan di luar ruang lingkup pekerjaannya
[2] Mau berpartisipasi kepanitiaan acara
[1] Peserta acara saja
[0] Tidak mau terlibat acara perusahaan maupun kerja di luar ruang lingkup pekerjaannya
Kreativitas
Apakah member mencetuskan Ide baru untuk kemajuan perusahaan?
*
[4] Banyak memberikan ide baru
[3] Berkontribusi ide baru
[2] Antusias mencoba ide baru
[1] Sulit untuk menerapkan ide baru
[0] Tidak mau menerapkan sistem baru
Pelayanan Pelanggan
Bagaimana cara penanganan tamu yang dilakukan?
*
[4] Tamu ditanyakan tujuannya dan dipersilahkan duduk dengan tutur kata yang sopan dan segera menghubungi pihak yang ingin ditemui
[3] Tamu ditanyakan tujuannya dan dipersilahkan duduk dengan tutur kata yang sopan sembari menunggu orang yang akan ditemui
[2] Tamu ditanyakan tujuannya dengan tutur kata yang sopan sembari menunggu orang yang akan ditemui
[1] Tamu ditanyakan tujuannya dan dibiarkan menunggu lama
[0] Tamu dibiarkan menunggu lama
Bagaimana kecepatan dan respon ketika menerima telepon internal & eksternal?
*
[4] Penerimaan telepon pada dering pertama dengan perkenalan diri serta ucapan salam yang baik
[3] Penerimaan telepon pada dering ketiga dengan perkenalan diri serta ucapan salam yang baik
[2] Penerimaan telepon tanpa perkenalan diri dan langsung menanyakan tujuan
[1] Menerima telepon dengan intonasi yang tidak bersemangat
[0] Menutup telepon sebelum pembicaraan selesai
Pelayanan Umum
Apakah pengajuan pembelian ATK berlangsung setiap bulan dan sesuai kebutuhan?
*
[4] Pembelian ATK dilakukan setiap bulan dan sesuai dengan kebutuhan
[3] Pembelian ATK dilakukan setiap minggu dan sesuai dengan kebutuhan
[2] Pembelian ATK dilakukan setiap hari sesuai permintaan
[1] Jarang mengajukan pembelian inventaris kantor
[0] Tidak ada jadwal pembelian ATK yang tetap
Bertanggung jawab atas ketersediaan minuman yang ada di kulkas
*
[4] Selalu ada ketersediaan minuman di kulkas untuk semua varian dengan pencatatan penjualan setiap bulan
[3] Selalu ada ketersediaan minuman di kulkas untuk semua varian dengan pencatatan penjualan 3 bulan sekali
[2] Ketersediaan minuman di kulkas hanya ada beberapa varian dan tidak ada pencatatan penjualan
[1] Ketersediaan minuman di kulkas hanya satu varian
[0] Terkadang minuman di kulkas kosong
Memastikan penyajian makanan dan minuman kepada tamu
*
[4] Memastikan jika tamu datang, makanan dan minuman akan segera disajikan
[3] Memastikan jika tamu datang, minuman akan segera disajikan
[2] Memastikan jika tamu datang, makanan dan minuman akan disajikan 15 menit kemudian
[1] Memastikan jika tamu datang, makanan dan minuman akan disajikan 30 menit kemudian
[0] Tidak memastikan penyajian makanan dan minuman bagi tamu yang akan datang
Keluar dan Masuk Berkas dan/atau Barang
Bagaimanan sistem pengiriman berkas dan/atau barang
*
[4] Pengiriman berkas dan/atau barang dilakukan setiap hari dan melakukan konfirmasi ke setiap divisi terkait apakah ada berkas dan/atau yang akan dikirim yang disertai laporan harian
[3] Pengiriman berkas dan/atau barang dilakukan setiap hari tanpa ada konfirmasi ke setiap divisi terkait apakah ada berkas dan/atau barang yang akan dikirim yang disertai laporan harian
[2] Pengiriman berkas dan/atau barang dilakukan setiap hari tanpa ada konfirmasi ke setiap divisi terkait apakah ada berkas dan/atau yang akan dikirim dan tidak ada laporan harian
[1] Pengiriman berkas dan/atau barang dilakukan 2 hari sekali (menumpuk berkas)
[0] Pengiriman berkas dan/atau barang selalu terlambat dilakukan
Bagaimana prosedur penerimaan berkas dan/atau barang?
*
[4] Berkas dan/atau barang yang diterima akan dicatat dahulu dan diserahkan langsung kepada penerima
[3] Berkan dan/atau barang yangditerima akan dicatat dahulu dan diinfo kepada penerima bahwa berka dan/atau barang sudah diterima
[2] Berkas dan/atau yang diterima akan dicatat dahulu dan tidak langsung diserahkan kepada penerima
[1] Berkas dan/atau yang diteria akan dicatat dahulu dan diletakkan saja di meja resepsionis
[0] Berkas dan/atau barang yang diterima tidak dicatat dan dibiarkan di lantai 1
Pengelolaan Data Absensi
Apakah data absensi diolah secara rutin?
*
[4] Data absensi dikelola setiap hari (termasuk hari Minggu) dan diinfo melalui WAG dan Email
[3] Data absensi dikelola setiap hari (kecuali hari Minggu) dan diinfo melalui WAG dan Email
[2] Data absensi dikelola setiap hari (kecuali hari Minggu) dan diinfo hanya melalui Email
[1] Pengelolaan data absensi sesekali terlambat dan diinfo hanya melalui Email
[0] Pengelolaan data absensi jarang dilakukan
Penerimaan form data absensi dan pengajuan ke Direksi
*
[4] Pengajuan form absensi yang diterima dari karyawan, langsung diajukan ke Direksi di hari yang sama
[3] Form absensi yang diterima dari karyawan disimpan dahulu dan diajukan 3 hari kemudian bersama pengajuan form absensi yang lain
[2] Form absensi yang diterima dari karyawan disimpan dahulu dan diajukan setiap minggu kemudian bersama pengajuan form absensi yang lain
[1] Form pengajuan absensi yang diterima dari karyawan tidak diajukan ke Direksi
[0] Form pengajuan absensi yang diterima dari karyawan sering tercecer
Monitoring Kinerja OB
Bagaimana prosedur pemeriksaan kebersihan setiap lantai?
*
[4] Memonitor kebersihan setiap lantai dan memeriksa check list setiap hari
[3] Memonitor kebersihan setiap lantai dan memeriksa check list setiap minggu
[2] Memonitor kebersihan setiap lantai dan memeriksa check list setiap bulan
[1] Memonitor kebersihan setiap lantai tetapi tidak memeriksa check list setiap bulan
[0] Jarang memonitor kebersihan setiap lantai
Kepemimpinan
Bagaimana pemahaman diri member; kelebihan dan kekurangan serta kontribusi diri dalam organisasi?
*
[4] Sangat memahami kelebihan dan kekurangan diri, serta mampu memberikan kontribusi besar dalam tim
[3] Memahami kelebihan dan kekurangan diri, serta berkontribusi dalam tim
[2] Memahami kelebihan dan kekurangan diri, namun kontribusi belum optimal dalam tim
[1] Kurang memahami kekurangan diri, tidak memberikan kontribusi dalam tim
[0] Tidak mampu mengukur kemampuan diri
Apakah member dapat mengkomunikasikan maksud dan tujuan dan menyerap pendapat orang lain?
*
[4] Mampu mengkomunikasikan maksud dan tujuan serta mampu menyerap ide/pendapat orang lain
[3] Mampu mengkomunikasikan maksud dan tujuan serta mampu mendengarkan ide/pendapat orang lain
[2] Mampu mengkomunikasikan maksud dan tujuan dengan baik
[1] Kurang dapat menyampaikan maksud dan tujuan serta kurangan dapat mendengarkan orang lain
[0] Tidak dapat mendengarkan orang lain dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik
Apakah member memberikan pengaruh yang positif dan menginspirasi member lain?
*
[4] Memberikan pengaruh positif dan mampu menginspirasi member lain
[3] Memberikan pengaruh positif dan mampu memotivasi member lain
[2] Mampu memberikan semangat bagi member lain
[1] Tidak dapat memberikan bagi member lain
[0] Memberikan pengaruh negatif bagi member lain
Apakah member mau belajar hal baru dan melakukan perubahan saat dibutuhkan?
*
[4] Antusias dan berani mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas dan produktivitas
[3] Mau belajar dan mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas dan produktivitas
[2] Mau belajar hal baru untuk peningkatan produktivitas
[1] Mau belajar hal baru jika dipaksakan
[0] Tidak mau belajar hal baru atau mengubah metode yang sudah ada
Apakah member mampu merekatkan member lain dalam tim dan meningkatkan produktivitas
*
[4] Member dalam 1 tim mampu bekerja sama dengan baik dan menunjukan peningkatan produktivitas yang signifikan
[3] Member 1 tim mampu bekerja sama dan menunjukan peningkatan produktivitas
[2] Member 1 tim mampu bekerja sama
[1] Member dalam 1 tim sulit bekerja sama
[0] Tidak ada kerja sama tim sama sekali
Kemampuan Menejerial
Apakah member melakukan tinjauan kinerja kepada resepsionis, OB, dan Satpam?
*
[4] Member berkomunikasi setiap hari dengan resepsionis, OB, dan Satpam serta melakukan tinjauan kinerja rutin setiap hari
[3] Member berkomunikasi setiap hari dengan resepsionis, OB, dan Satpam serta melakukan tinjauan kinerja rutin setiap hari
[2] Member melakukan tinjauan kinerja rutin setiap minggu dengan respsionis, OB, dan Satpam
[1] Member melakukan tinjauan kinerja rutin setiap bulan dengan resepsionis, OB, dan Satpam
[0] Member tidak melakukan tinjauan kinerja
Apakah member memantau kebersihan kantor setiap hari?
*
[4] Kebersihan kantor diperiksa secara rutin setiap hari dan memeriksa check list yang dibuat oleh member
[3] Kebersihan kantor diperiksa secara rutin setiap hari dan jarang memeriksa check list yang dibuat oleh member
[2] Kebersihan kantor diperiksa 2 hari sekali
[1] Kebersihan kantor jarang diperiksa
[0] Tidak melaksanakan pemeriksaan terhadap kebersihan kantor