Toggle navigation
Contact us
Penilaian Farmasi & Sub Dealers
Disiplin
Frekuensi alfa karyawan
*
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Alfa = 1hr /thn
Alfa > 1/thn
Frekuensi ijin karyawan (di luar sakit dengan surat dokter dan cuti)
*
Ijin = 0/thn
Ijin = 1-2/thn
Ijin = 3-4/thn
Ijin = 5-6/thn
Ijin > 6/thn
Frekuensi telat karyawan
*
Telat ave. 0-2 hari/bln
Telat ave. 3-5 hari/bln
Telat ave. 6 hari/bln
Telat ave. 15-20 hari/bln
Telat ave. > 20 hari/bln
Ketertiban penggunaan seragam dan atribut
*
Selalu pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Selalu pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Kadang pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Kadang pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Tidak menggunakan
Konsistensi mengikuti MB
*
Selalu ikut
Sering ikut
Kadang ikut
Jarang ikut
Hampir tidak pernah ikut
Membuat daily report
*
Selalu membuat daily report pada hari tersebut
Sering membuat daily report terutama pada waktu UC
Hanya membuat daily report pada saat UC
Jarang daily report pada saat UC
Tidak pernah buat daily report
Report UC/marketing activity
*
Selalu membuat laporan setelah UC atau melakukan evetn marketing dengan lengkap
Membuat laporan setelah UC atau event namun kurang lengkap
Membuat laporan UC atau event namun kadang lupa
Jarang membuat laporan UC atau event
Tidak pernah membuat laporna UC atau event
Integritas
Kesesuaian penjualan dan laporan harian yang dilakukan karyawan
*
Kesesuaian penjualan dan laporan harian yang dilakukan karyawan
Penjualan dan laporan harian sesuai, sangat jarang telat setoran harian
Penjualan dan laporan harian sesuai, kadang telat setoran harian
Penjualan dan laporan harian kurang sesuai, sering telat setoran harian
Penjualan dan laporan harian tidak sesuai, dan telat/tidak setoran harian
Kesesuaian data pelanggan dan harga jual ke pelanggan
*
Data pelanggan dan harga jual yang diberikan ke pelanggan sesuai dengan yang dilaporkan
Data pelanggan ada yang belum lengkap/sesuai tapi harga jual yang diberikan ke pelanggan sesuai dengan yang dilaporkan
Data pelanggan belum lengkap tapi harga jual yang diberikan ke pelanggan sesuai dengan yang dilaporkan
Data pelanggan sering tidak lengkap dan harga jual yang diberikan ke pelanggan beruba-ubah
Data pelanggan dan harga jual tidak sesuai dengan yang dilaporkan
Bertanggungjawab atas tugas yang diberikan kepada karyawan
*
Secara konsisten bertanggungjawab tinggi atas tugas yang diberikan
Bertanggungjawab tinggi pada tugas yang diberikan
Pada umumnya bertanggungjawab pada tugas yang diberikan
Kurang bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
Tidak bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
Memiliki etos kerja yang baik dan produktif
*
Secara konsisten menunjukkan etos kerja yang baik dan produktif
Sering menunjukkan etos kerja yang baik dan produktif
Pada umumnya memiliki etos kerja yang baik
Memiliki etos kerja yang kurang baik
Memiliki etos kerja yang buruk
Kepuasan Pelanggan
Tidak pernah menjawab panggilan telepon
*
Telepon selalu menyala sehingga mudah dihubungi dan panggilan telepon selalu dijawab
Mudah dihubungi dan panggilan telepon dijawab jarang sekali tidak dijawab
Bisa dihubungi dan panggilan telepon kadang tidak dijawab
Sulit dihubungi dan panggilan telepon sering tidak dijawab
Tidak pernah menjawab panggilan telepon
Respon terhadap komunikasi WA
*
Komunikasi via WA selalu direspon kurang dari 1 jam
Komunikasi via WA selalu direspon pada hari tersebut
Komunikasi via WA kadang direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via WA jarang direspon atau sudah lewat hari
Komunikasi WA tidak pernah direspon
Respon terhadap komunikasi Email
*
Komunikasi via email selalu direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email jarang sekali tidak direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email jarang direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email hampir tidak pernah direspon
Tidak pernah merespon email
Keramahan karyawan dengan pelanggan internal maupun eksternal
*
Tersenyum dan menyapa terlebih dahulu
Membalas sapaan dan tersenyum
Membalas sapaan
Kurang ramah dan tidak tersenyum
Enggan berinteraksi dengan orang lain
Kecepatan memberikan respon kepada pelanggan eksternal
*
Langsung
Segera
Biasa
Lambat
Tidak ada respon
Kemampuan karyawan untuk menanggapi keluhan pelanggan
*
Mendengarkan dan memberikan solusi dengan segera
Mendengarkan dan meminta customer untuk menunggu hasil keputusan koordinasi
Mengarahkan customer kepada manager atau pihak lain untuk disolusikan
Menerima keluhan dan tidak menindaklanjuti
Tidak menanggapi
Teamwork
Karyawan menjalin relasi yang baik dengan karyawan lain
*
Berelasi baik dengan hampir seluruh member di perusahaan
Berelasi baik dengan member 1 divisi maupun antar divisi
Berelasi baik dengan member 1 divisi
Berelasi baik dengan beberapa member
Tidak memiliki relasi baik dengan siapapun
Karyawan membagi informasi (yg tdk konfidensial) pada team member ataupun divisi lain yang terkait
*
Transparansi atas informasi yang dimiliki
Berinisiatif berbagi informasi dengan pihak terkait
Mau membagi informasi saat diminta
Berbagi informasi dengan kalangan terbatas
Tidak mau berbagi informasi dengan siapapin
Karyawan bersedia berkomunikasi dengan karyawan lain
*
Komunikasi baik dan respon cepat/lancar/ aktif
Komunikasi baik dan lancar
Komunikasi terbatas pada beberapa pihak terkait
Komunikasi terbatas, respon lama/tidak merespon
Komunikasi terbatas, respon lama/tidak merespon
Loyalitas
Karyawan mau mengerjakan pekerjaan yang di luar ruang lingkup pekerjaannya
*
Karyawan selalu mau mengerjakan tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan mau mengerjakan tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan pada umumnya mau mengerjakan beberapa tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan menolak untuk mengerjakan beberapa tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan menolak sama sekali bekerja di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan mau terlibat dalam kegiatan kepanitaan kegiatan perusahaan
*
Selalu dan berinisiatif
Sering
Jika diminta
Kadang, sering menolak
Tidak pernah
Kemampuan karyawan untuk menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
*
Karyawan selalu menutupi apa yang menjadi kekurangan dari perusahaan
Karyawan selalu berusaha menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan pada umumnya menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan tidak pernah menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan menonjolkan apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Kreativitas
Memunculkan ide baru untuk kemajuan perusahaan
*
Karyawan banyak memberikan ide baru untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan
Karyawan memnberikan beberapa ide baru untuk kemajuan perusahaan
Karyawan berkontribusi melengkapi konsep-konsep baru untuk kemajuan perusahaan
Karyawan jarang emmberikan ide untuk kemajuan perusahaan
Karyawan tidak pernah berkontribusi ide baru untuk kemajuan perusahaan
Kemauan untuk mencoba/menjalankan hal-hal baru
*
Karyawan selalu mau mencoba hal baru dan memberikan evaluasi untuk perbaikan
Karyawan mau mencoba/menjalankan hal baru
Karyawan pada umumnya mengikuti hal baru jika ornag lain sudah mau memulai
Karyawan jarang mau mencoba hal baru
Karyawan tidak pernah mau mengikuti hal yang abru
Bersedia mengambil resiko untuk implementasi hal baru
*
Karyawan selalu siap untuk mengambil resiko implementasi hal baru
Karyawan pada umumnya siap mengambil resiko implementasi hal baru
Karyawan mau mengambil resiko saat sudah ada rekan lain yang bersedia
Karyawan mau mengambil resiko jika dipaksa
Karyawan tidak mau mengambil resiko implementasi hal baru
Pencapaian Kuota
Pencapaian outlet per bulan
*
Kls A : > 400 jt/bln Kls B : > 300 jt/bln Kls C : > 200 jt/bln Kls D : > 100 jt/bln
Kls A : 300 - 400 jt/bln Kls B : 200 - 300 jt/bln Kls C : 100 - 200 jt/bln Kls D : 50 - 100 jt/bln
Kls A : 250 - 300 jt/bln Kls B : 150 - 200 jt/bln Kls C : 75 - 100 jt/bln Kls D : 40 - 50 jt/bln
Kls A : 200 - 250 jt/bln Kls B : 100 - 150 jt/bln Kls C : 50 - 75 jt/bln Kls D : 30 - 40 jt/bln
Kls A : under 200 jt/bln Kls B : under 100 jt/bln Kls C : under 50 jt/bln Kls D : under 30 jt/bln
Pertumbuhan pencapaian dibandingkan tahun lalu
*
(young outlet < 1 yr) > 500% (mature outlet >1 yr) > 30%
(young) 200% - 500% (mature) 15% - 30%
(young) 100% - 200% (mature) 5% - 15%
(young) 0% - 100% (mature) 0% - 5%
Tidak melakukan open table maupun kunjungan ke RS
Konsistensi menjaga pencapaian agar secara berkesinambungan meningkat dari waktu ke waktu
*
Pencapaian setiap bulan selalu ada pertumbuhan
Pencapaian setiap kuartal selalu ada pertumbuhan
Pencapaian setiap tahun selalu ada pertumbuhan
Tidak ada pertumbuhan
Minus growth
Pengembangan Pipeline Market
Penambahan customer baru
*
Penambahan min 15 New Cust per hari (450 per bulan)
Penambahan 10-14 New Cust per hari (300-450 per bulan)
Penambahan 5-9 New Cust per hari (150-300 per bulan)
Penambahan min 1-150 New Cust per bulan
Pengurangan existing customer
Penambahan channel kerjasama baru (untuk setiap produk)
*
Penambahan 1 new channel setiap kuartal
Penambahan 1 new channel setiap semester
Penambahan 1 new channel dalam setahun
Tidak ada penambahan new channel
Pengurangan channel existing
Presentation Skills
Pengetahuan terhadap produk yang di jual di outlet
*
Memahami seluruh produk beserta benefit yang dijual di outlet dan kompetitor masing-masing produk
Memahami seluruh produk beserta benefit yang dijual di outlet
Memahami sebagian besar produk beserta benefit yang dijual di outlet
Pengetahuan akan produk minim/sedikit
Tidak memiliki pengetahuan apapun tentang produk
Kemampuan untuk meyakinkan pelanggan
*
Meyakinkan dan menarik saat berbicara, gestur tubuh aktif, dan menatap mata pelanggan
Meyakinkan dalam berbicara, gestur tubuh aktif, dan menatap mata pelanggan
Lancar dalam berbicara, dan aktif
Gugup dan kurang lancar dalam berbicara
Tidak mampu berbicara dengan pelanggan
Menampilkan diri dengan profesional dan menarik
*
Selalu berpenampilan menarik dan profesional
Berusaha menjaga penampilan menarik dan profesional
Sering berpenampilan menarik dan profesional
Jarang berpenampilan menarik dan profesional
Tidak pernah berpenampilan menarik dan profesional
Memperagakan produk dengan alat demo kepada pelanggan
*
Memperagakan alat demo dengan lancar sebelum diminta sambil menjelaskan
Segera memperagakan alat demo dengan lancar sambil menjelaskan
Memperagakan alat demo setelah pelanggan meminta sambil menjelaskan
Enggan untuk memperagakan dengan alat demo atau tidak lancar memperagakan dengan alat demo
Tidak mau memperagakan dengan alat demo
Negotiation Skills
Kemampuan mendengarkan orang lain/pelanggan
*
Selalu mendengarkan orang lain dengan seksama dan mampu mengambil benang merah pesan yang disampaikan dengan baik
Mampu mendengarkan orang lain dengan seksama
Mampu mendengarkan orang lain dengan seksama namun kurnag dapat mengambil inti pesannya
Kurang mau mendengarkan orang lain
Tidak mau mendengarkan orang lain
Kemampuan untuk mengolah kata dan berbahasa yang tepat
*
Kemampuan taktis dan berdiplomasi sangat baik
Kemampuan taktis dan berdiplomasi baik
Mampu berdiplomasi dengan baik
Sulit berdiplomasi
Tidak mampu berdiplomasi sama sekali
Kemampuan untuk dapat berpikir jernih saat berada di bawah tekanan
*
Kualitas pemikiran dan keputusan saat di bawah tekanan sangat baik
Kualitas pemikiran dan keputusan di bawah tekanan masih baik
Kualitas pemikiran dan keputusan sedikit terpengaruh tekanan
Tidak bisa mengambil keputusan
Tidak dapat berpikir jernih sama sekali
Leadership Skill
Kemampuan memahami diri sendiri, kelebihan dan kekurangan serta kontribusi diri dalam organisasi
*
Self awareness tinggi, dan mampu saling melengkapi dengan tim
Self awareness baik, dan berusaha melengkapi dengan member dalam tim
Memiliki self awareness namun belum optimal dengan tim
Self awareness kurang baik, tidak mampu berkolaborasi dengan tim
Tidak mampu mengukur kemampuan diri
Kemampuan mengkomunikasikan tujuan dan menyerap pendapat orang lain
*
Sering mengkomunikasikan tujuan untuk menyamakan tujuan bersama dan mendengarkan ide/pendapat orang lain
Mampu mengkomunikasikan tujuan dan mendengarkan ide/pendapat orang lain
Mengkomunikasikan tujuan bersama namun kurang mendengarkan
Tidak mampu menjelaskan tujuan bersama
Tidak memiliki visi
Kemampuan memberikan pengaruh yang positif dan menginspirasi
*
Memberikan pengaruh yang positif pada member dan memberikan motivasi/ inspirasi
Memberikan pengaruh yang positif dan memberikan semangat pada member
Memberikan semangat pada member
Kurang bsia memberikan semangat atau pengaruh yang positif
Toxic leader/employee
Kemauan untuk belajar hal bari dan melakukan perubahan saat dibutuhkan
*
Mampu dan mau belajar hal baru, berani mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas/produktivitas
Mau belajar hal baru, dan mau mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas/produktivitas
Mau belajar hal baru untuk peningkatan produktivitas
Enggan belajar hal baru kecuali dipaksakan
Tidak mau belajar hal baru atau mengubah metode yang sudah ada