Toggle navigation
Contact us
Penilaian SGS
Integritas
Bertanggungjawab dan merawat alat kerja yang disediakan perusahaan
*
Merawat dan tidak mengambil alat kerja yang disediakan perusahaan atau mengganti jika terjadi kerusakan/kehilangan alat kerja
-
Merawat dan tidak mengambil alat kerja yang disediakan perusahaan
-
Tidak menjaga alat kerja yan disediakan perusahaan
Kesesuaian antara laporan dengan kondisi yang terjadi di lapangan
*
Kondisi di lapangan dan laporan harian selalu sesuai
Kondisi di lapangan dan laporan harian sesuai, hanya pada 1 kasus ada ketidaksesuaian
Kondisi di lapangan dan laporan harian pada umumnya sesuai, ada 2 kasus ketidaksesuaian
Kondisi di lapangan dan laporan harian sering tidak sesuai, ada 3 kasus ketidaksesuaian
Kondisi di lapangan dan laporan harian sering tidak sesuai, ada lebih dari 3 kasus yang tidak sesuai
Bertanggungjawab atas tugas yang diberikan kepada karyawan.
*
Secara konsisten bertanggungjawab tinggi atas atas tugas yang diberikan
Bertanggungjawab tinggi pada tugas yang diberikan
Pada umumnya bertanggungjawab pada tugas yang diberikan
Kurang bertanggungjawab atas tugas yang diberikan
Tidak bertangggungjawab atas tugas yang diberikan
Memiliki etos kerja yang baik dan produktif.
*
Secara konsisten menunjukkan etos kerja yang baik dan produktif
Sering menunjukkan etos kerja yang baik dan produktif
Pada umumnya memiliki etos kerja yang baik
Memiliki etos kerja yang kurang baik
Memiliki etos kerja yang buruk
Kedisiplinan
Frekuensi alfa karyawan.
*
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Tidak ada alfa (mengikuti skor ijin)
Alfa = 1hari/thn
Alfa > 1 hari/thn
Frekuensi ijin karyawan (diluar sakit dengan surat dokter dan cuti).
*
Ijin = 0 hari/thn
Ijin = 1-2 hari/thn
Ijin = 3-4 hari/thn
Ijin = 5-6 hari/thn
Ijin > 6 hari/thn
Frekuensi telat karyawan.
*
Telat Ave. 0-2 hari/bln
Telat Ave. 3-5 hari/bln
Telat Ave. 6 hari/bln
Telat Ave. 15-20 hari/bln
Telat Ave. >20 hari/bln
Ketertiban penggunaan seragam dan atribut.
*
Selalu pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Selalu pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Kadang pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Kadang pakai lengkap (mengikuti skor MB)
Tidak menggunakan
Konsistensi mengikuti MB.
*
Selalu ikut
Sering ikut
Kadang ikut
Jarang ikut
Hampir tidak pernah ikut
Membuat daily report.
*
Selalu membuat daily report pada hari tersebut
Sering membuat daily report terumtama pada waktu UC
Hanya membuat daily report pada saat UC
Jarang daily report pada saat UC
Tidak pernah buat daily report
Report UC/marketing activity.
*
Selalu membuat laporan setelah UC atau melakukan event marketing dengan lengkap
Membuat laporan setelah UC atau event namun kurang lengkap
Membuat laporan setelah UC atau event namun kadang lupa
Jarang membuat laporan UC atau event
Tidak pernah membuat laporan UC atau event
Kepuasan Pelanggan
Respon terhadap komunikasi di telepon.
*
Telepon selalu menyala sehingga mudah dihubungi dan panggilan telepon selalu dijawab
Mudah dihubungi dan panggilan telepon dijawab jarang sekali tidak dijawab
Bisa dihubungi dan panggilan telepon kadang tidak dijawab
Sulit dihubungi dan panggilan telepon sering tidak dijawab
Tidak pernah menjawab panggilan telepon
Respon terhadap komunikasi WA.
*
Komunikasi via WA selalu direspon kurang dari 1 jam
Komunikasi via WA selalu direspon pada hari tersebut
Komunikasi via WA kadang direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via WA jarang direspon atau sudah lewat hari
Komunikasi WA tidak pernah direspon
Respon terhadap komunikasi email.
*
Komunikasi via email selalu direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email jarang sekali tidak direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email jarang direspon dan pada hari tersebut
Komunikasi via email hampir tidak pernah direspon
Tidak pernah merespon email
Keramahan karyawan dengan pelanggan internal maupun eksternal.
*
Tersenyum dan menyapa terlebih dahulu
Membalas sapaan dan tersenyum
Membalas sapaan
Kurang ramah dan tidak tersenyum
Enggan berinteraksi dengan orang lain
Kecepatan memberikan respon kepada pelanggan eksternal
*
Langsung
Segera
Biasa
Lambat
Tidak ada respon
Kemampuan karyawan untuk menanggapi keluhan pelanggan
*
Mendengarkan dan memberikan solusi dengan segera
Mendengarkan dan meminta customer untuk menunggu hasil keputusan koordinasi
Mengarahkan customer kepada manager atau pihak lain untuk disolusikan
Menerima keluhan dan tidak menindaklanjuti
Tidak menanggapi
Kerjasama Tim
Karyawan menjalin relasi yang baik dengan karyawan lain.
*
Berelasi baik dengan hampir seluruh member di perusahaan
Berelasi baik dengan member 1 divisi maupun antar divisi
Berelasi baik dengan member 1 divisi
Berelasi baik dengan beberapa member
Tidak memiliki relasi baik dengan siapapun
Karyawan membagi informasi (yg tdk konfidensial) pada team member ataupun divisi lain yang terkait.
*
Transparansi atas informasi yang dimiliki
Berinisiatif berbagi informasi dengan pihak yang terkait
Mau membagi informasi saat diminta
Berbagi informasi dengan kalangan terbatas
Tidak mau berbagi informasi dengan siapapun
Karyawan bersedia berkomunikasi dengan karyawan lain.
*
Komunikasi baik dan respon cepat/lancar/ aktif
Komunikasi baik dan lancar
Komunikasi terbatas pada beberapa pihak terkait
Komunikasi terbatas, respon lama/tidak merespon
Sulit berkomunikasi dan menghambat koordinasi
Loyalitas
Karyawan mau mengerjakan pekerjaan yang di luar ruang lingkup pekerjaannya
*
Karyawan selalu mau mengerjakan tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan mau mengerjakan tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan pada umumnya mau mengerjakan beberapa tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan menolak untuk mengerjakan beberapa tugas yang di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan menolak sama sekali bekerja di luar dari ruang lingkup pekerjaannya
Karyawan mau terlibat dalam kegiatan kepanitaan kegiatan perusahaan
*
Selalu dan berinisiatif
Sering
Jika diminta
Kadang, sering menolak
Tidak pernah
Kemampuan karyawan untuk menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
*
Karyawan selalu menutupi apa yang menjadi kekurangan dari perusahaan
Karyawan selalu berusaha menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan pada umumnya menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan tidak pernah menutupi apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Karyawan menonjolkan apa yang menjadi kekurangan perusahaan
Kreativitas
Memunculkan ide baru untuk kemajuan perusahaan
*
Karyawan banyak memberikan ide baru untuk berkontribusi pada kemajuan perusahaan
Karyawan memnberikan beberapa ide baru untuk kemajuan perusahaan
Karyawan berkontribusi melengkapi konsep-konsep baru untuk kemajuan perusahaan
Karyawan jarang memberikan ide untuk kemajuan perusahaan
Karyawan tidak pernah berkontribusi ide baru untuk kemajuan perusahaan
Kemauan untuk mencoba/menjalankan hal-hal baru.
*
Karyawan selalu mau mencoba hal baru dan memberikan evaluasi untuk perbaikan
Karyawan mau mencoba/menjalankan hal baru
Karyawan pada umumnya mengikuti hal baru jika ornag lain sudah mau memulai
Karyawan jarang mau mencoba hal baru
Karyawan tidak pernah mau mengikuti hal yang abru
Bersedia mengambil resiko untuk implementasi hal baru
*
Karyawan selalu siap untuk mengambil resiko implementasi hal baru
Karyawan pada umumnya siap mengambil resiko implementasi hal baru
Karyawan mau mengambil resiko saat sudah ada rekan lain yang bersedia
Karyawan mau mengambil resiko jika dipaksa
Karyawan tidak mau mengambil resiko implementasi hal baru
Kemampuan Persentasi
Pengetahuan terhadap produk yang akan dipresentasikan
*
Membuat sendiri materi presentasi & menguasai secara detil dan menyeluruh mengenai materi presentasi yang dibawakan
Membuat sendiri materi presentasi & menguasai secara menyeluruh mengenai materi presentasi yang dibawakan
Menguasai secara menyeluruh mengenai materi presentasi yang dibawakan
Kurang menguasai materi presentasi yang dibawakan
Tidak menguasai materi presentasi yang dibawakan
Kemampuan untuk berbicara di depan publik dengan menarik dan meyakinkan
*
Meyakinkan dan menarik saat berbicara, gestur tubuh aktif, dan menatap mata audience
Meyakinkan dalam berbicara, gestur tubuh aktif, dan menatap mata audience
Lancar dalam berbicara, dan aktif
Gugup dan kurang lancar dalam berbicara
Tidak mampu berbicara di depan publik
Menampilkan diri dengan profesional dan menarik.
*
Selalu berpenampilan menarik dan profesional
Berusaha menjaga penampilan menarik dan profesional
Sering berpenampilan menarik dan profesional
Jarang berpenampilan menarik dan profesional
Tidak pernah berpenampilan menarik dan profesiona
Mempersiapkan seluruh kelengkapan presentasi
*
Menyiapkan dengan matang bahan, alat demo, dan alat penunjang
Menyiapkan presentasi dengan kurang sedikit pada bahan/demo/ alat penunjang
Menyiapkan bahan presentasi dan alat penunjang
Menyiapkan bahan presentasi
Tidak menyiapkan apa-apa
Kepemimpinan
Kemampuan memahami diri sendiri, kelebihan dan kekurangan serta kontribusi diri dalam organisasi.
*
Self awareness tinggi, dan mampu saling melengkapi dengan tim
Self awareness baik, dan berusaha melengkapi dengan member dalam tim
Memiliki self awareness namun belum optimal dengan tim
Self awareness kurang baik, tidak mampu berkolaborasi dengan tim
Tidak mampu mengukur kemampuan diri
Kemampuan mengkomunikasikan tujuan dan menyerap pendapat orang lain
*
Sering mengkomunikasikan tujuan untuk menyamakan tujuan bersama dan mendengarkan ide/pendapat orang lain
Mampu mengkomunikasikan tujuan dan mendengarkan ide/pendapat orang lain
Mengkomunikasikan tujuan bersama namun kurang mendengarkan
Tidak mampu menjelaskan tujuan bersama
Tidak memiliki visi
Kemampuan memberikan pengaruh yang positif dan menginspirasi
*
Memberikan pengaruh yang positif pada member dan memberikan motivasi/ inspirasi
Memberikan pengaruh yang positif dan memberikan semangat pada member
Memberikan semangat pada member
Kurang bsia memberikan semangat atau pengaruh yang positif
Toxic leader/employee
Kemauan untuk belajar hal baru dan melakukan perubahan saat dibutuhkan.
*
Mampu dan mau belajar hal baru, berani mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas/produktivitas
Mau belajar hal baru, dan mau mencoba hal baru untuk peningkatan kualitas/produktivitas
Mau belajar hal baru untuk peningkatan produktivitas
Enggan belajar hal baru kecuali dipaksakan
Tidak mau belajar hal baru atau mengubah metode yang sudah ada
Instalasi, Pelatihan, dan Perawatan
Mampu melakukan instalasi alat pada pelanggan
*
Alat sudah terpasang dengan baik di pelanggan dan siap digunakan
-
Alat sudah terpasang namun belum dapat digunakan
-
Alat tidak terpasang di pelanggan
Mampu melakukan pelatihan penggunaan alat pada pelanggan
*
Pengguna/pelanggan dapat menggunakan alat dengan mandiri
-
Pengguna/pelanggan masih menghubungi teknisi/marketing karena masih belum bisa lancar menggunakan alat
-
Pengguna/pelanggan merusakkan alat karena penyampaian materi tidak sesuai SOP
Melakukan maintenance/ perawatan sesuai dengan jadwal yang disepakati dengan pelanggan
*
Melakukan maintenance/perawatan alat di pelanggan dengan jadwal yang sudah disepakati tepat waktu
Melakukan maintenance/perawatan alat di pelanggan dengan jadwal yang sudah disepakati, jika ada ketidaksesuaian 1-2 kali per bulan
Melakukan maintenance/perawatan alat di pelanggan dengan jadwal yang sudah disepakati, jika ada ketidaksesuaian 3-4 kali per bulan
Melakukan maintenance/perawatan alat di pelanggan dengan jadwal yang sudah disepakati, jika ada ketidaksesuaian 5-6 kali per bulan
Tidak melakukan maintenance/perawatan alat di pelanggan dengan jadwal yang sudah disepakati
Mengikuti pelatihan dari principal secara aktif
*
Selalu bersedia dan mengajukan diri untuk dapat mengikuti pelatihan dari principal
Selalu bersedia mengikuti pelatihan dari principal
Mengikuti pelatihan dari principal, jika ada hambatan karena sedang bertugas di luar kota
Keberatan untuk selalu mengikut pelatihan dari principal
Tidak pernah bersedia mengikuti pelatihan dari principal
Reparasi Alat
Kemampuan analisa terhadap kerusakan
*
Tepat menganalisa masalah pada produk dan mampu memperbaiki serta mengantisipasi kerusakan lainnya
-
Tepat menganalisa masalah pada produk dan mampu memperbaiki
-
Tidak mampu menganalisa masalah pada produk (salah analisa) sehingga tidak bisa memperbaiki
Kecepatan melakukan perbaikan
*
Produk yg direparasi dikembalikan ke pelanggan 1 hari setelah diterima atau lebih cepat
Produk yg direparasi dikembalikan ke pelanggan 2-3 hari setelah diterima
Produk yg direparasi dikembalikan ke pelanggan 4-5 hari setelah diterima
Produk yg direparasi dikembalikan ke pelanggan 6-7 hari setelah diterima
Produk yg direparasi dikembalikan ke pelanggan lebih dari 7 hari setelah diterima
Komunikasi dengan pelanggan
*
Memberikan penjelasan yang praktis kepada pelanggan mengenai kerusakan, proses perbaikan, dan perawatan lebih lanjut
-
Memberikan informasi singkat kepada pelanggan mengenai kerusakan dan proses perbaikannya
-
Tidak memberikan penjelasan kepada pelanggan